Posted on

Bisnis MLM Syariah Aman dan Menguntungkan

 

Bisnis MLM Syariah Aman dan Menguntungkan – Bagi sebagian orang bisnis MLM (multi level marketing) atau bisnis jaringan yang sejenis dianggap bisnis yang menggiurkan, karena bisnis seperti inilah yang bisa mengantarkan seseorang akan menjadi cepat kaya.

Dengan sistem yang sudah teruji dan terbukti, menjadikan bisnis MLM sebagai alat untuk memasarkan produk kepada konsumen lebih cepat dan keuntungan bonus yang akan didapat secara berlipat bagi anggotanya.

Namun ternyata tidak sedikit orang yang terlibat kedalam bisnis MLM ini yang akhirnya mendapatkan kerugian, disebabkan perusahaan MLM tersebut menawarkan dan mengiming-iming calon anggotanya untuk mendapatkan kekayaan instan dengan cara yang salah atau menipu (money game).

Setelah diketahui banyak kasus dari anggotanya yang terlibat dalam bisnis MLM ini yang akhirnya merasa tertipu dan bahkan perusahaan MLM tersebut gulung tikar atau tidak bertahan lama, maka banyak orang yang menilai bahwa seluruh bisnis MLM semacam ini adalah bisnis yang tidak benar dan dianggap penipuan.

Sebenarnya Anda tidak harus mempercayai penilaian tersebut sepenuhnya, karena disamping banyak kasus perusahaan bisnis MLM yang merugikan, ternyata ada juga bisnis pemasaran jaringan yang Insya Allah menguntungkan, aman, halal dan berkah. Bisnis ini adalah bisnis MLM Syariah.

Bisnis MLM Syariah merupakan bisnis berbasis syariah yang Insya Allah bisa menyejahterakan umat dengan cara yang benar karena menguntungkan dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Di Indonesia terbilang masih sedikit perusahaan bisnis MLM syariah, karena perusahaan bisnis MLM yang ingin menjalankan sistem syariah semacam ini perlu melalui proses verifikasi dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Setelah lulus maka akan mendapatkan sertifikat kehalalan bagi perusahaan bisnis MLM syariah tersebut.

 

Syarat Bisnis MLM (Multi Level Marketing) Syariah  MUI

Ada 12 syarat yang ditentukan oleh DSNI MUI yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikat bisnis MLM berbasis syariah, yaitu  :

  1. Adanya obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa.
  2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram.
  3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat.
  4. Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh.
  5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS.
  6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan.
  7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.
  8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.
  9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya.
  10. Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lain- lain.
  11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut.
  12. Tidak melakukan kegiatan money game.

 

Bisnis MLM Syariah Perusahaan PT HPA Indonesia (HNI-HPAI)

Dari sebagian kecil perusahaan bisnis MLM Syariah yang mendapat sertifikat dari MUI adalah PT HPA Indonesia atau yang saat ini dikenal HNI HPAI (Halal Network International – HPAI).

Saat ini HNI HPAI Alhamdulillah sudah memiliki satu juta lebih anggota dan melahirkan pengusaha-pengusaha yang mendapatkan penghasilan sampai ratusan juta rupiah dari bisnis berbasis syariah ini.

Tentu penghasilan yang didapatkan oleh anggotanya Insya Allah berawal dari proses ikhtiar masing-masing anggota, serta akan selalu mendapat pengawasan dan kontrol dari perusahaan HNI HPAI. Agar apa yang didapatkan dari keuntungan bisnis MLM syariah ini sudah melalui 12 syarat yang difatwakan DSN-MUI.

Ini adalah salah satu bisnis MLM syariah yang bisa Anda pilih dan Insya Allah bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat, disamping yang paling penting bisnis ini aman, halal dan berkah.

 

Tinggalkan Balasan